Mungkin component PrintForm ini merupakan salah satu komponen yang ditunggu-tunggu oleh para programmer. Bagaimana tidak selama ini para programmer tidak memiliki komponen yang langsung dapat digunakan untuk mencetak object / control yang terdapat di dalam form. Komponen ini berguna untuk mencetak "cara cepat" sesuatu yang tampil di form. Misalnya mencetak faktur pembelian atau penjualan. Sekarang programmer tidak perlu repot-repot untuk melakukan hal tersebut. Komponen ini terdapat didalam Toolbox kategori Visual Basic Power Packs dan hanya terdapat didalam platform .net fx 3.5.

Sedangkan PropertyGrid control sudah terdapat sebelumnya di .net fx versi 2.0. Kontrol ini berguna untuk mengatur kontrol properti secara run time...Pada artikel kali ini saya akan membuat contoh sederhana penggunaan kedua control tersebut untuk mencetak faktur / bon penjualan.

Ada beberapa hal yang harus kita lakukan sebelum dapat melakukan printing object yang terdapat di form. Agar PrintForm dapat bekerja sesuai dengan yang diharapkan maka form yang akan dicetak harus active / got focus terlebih dahulu, setelah itu tentukan form yang akan dicetak lewat properti Form yang dimiliki oleh PrintForm tersebut. Komponen PrintForm ini juga memiliki properti PrintAction yang berguna kalau kita ingin melakukan preview terlebih dahulu kertas yang akan dicetak.

PrintForm komponen ini akan benar-benar mencetak apa-apa yang tampil di form. Misalnya data yang ditampilkan itu menggunakan DataGridView, dan kalau DataGridView tersebut menampilkan scrollbarnya, maka tidak semua item dapat tercetak. Jadi kita harus melakukan sedikit trik untuk mengatasi hal tersebut. Trik ini dapat kita lakukan di event RowsAdded DataGridView nya. Jadi setiap kali ada record baru yang masuk ke DatagridView maka saat itu pula kita tambahkan tinggi form nya dengan nilai tertentu, agar scrollbar DataGridView tersebut tidak muncul, sehingga semua item dapat dicetak. Selain itu juga seperti caption, border, toolbox control yang ada di form akan ikut tercetak juga...untuk menghilangkan object-object tersebut cukup atur property form border style nya ke None. Sedangkan untuk menggunakan PropertyGrid control cukup atur properti SelectedObject atau SelectedObjects terhadap control yang akan di set properti nya secara run time.

Di contoh program yang dibuat ini saya sedikit memperkenalkan salah satu fitur baru yang terdapat di VB 9.0 , yaitu penggunaan Query Expression dalam Implementasi LINQ to Object, dan Relaxed Delegate. Pembahasan fitur baru tersebut akan saya pisahkan pada artikel berikutnya nanti... :) So...daripada berpanjang lebar mari kita lihat design form dan code nya secara lengkap...anda juga dapat download code example nya. Tools yang digunakan yaitu VS 2008 dengan target .net fx 3.5 platform.

Design form penggunaan PropertyGrid control :





lihat belajar asp.net dari nol