Mengapa saya tertarik dengan pemrograman web, ASP, bukankah sudah ada CMS (Conten Management System) seperti wordpress, blogger, jomlaa, endonesia yang berbasis PHP, atau Bpblog yang berbasis ASP.Net? Semua bagus-bagus dan handal. Fitur lengkap dan mudah instalasinya. Tapi tentunya membuat karya sendiri lebih puas dari sekedar memakai yang sudah jadi. Kita jadi tahu, script apa yang dipakai untuk menampilkan halaman berita, untuk login, upload tulisan, input buku tamu, kalender, dan lain-lain.

Ini tutorial untuk pemula sekali. Bagi yang sudah mahir dalam bahasa pemrograman mungkin seperti anak SMA diajari pelajaran kelas satu SD. Tapi tidak apa-apa, belum tentu semua bisa pemrograman. Dan memang untuk program yang rumit-rumit saya juga belum mampu.

Karena saya baru bisa ASP, maka dalam artikel ini kita hanya membahas ASP. ASP secara defaultnya menggunakan VBScript, anak dari Visual Basic. Jadi yang sudah familiar dengan VB, belajar ASP terasa mudah.

Apa itu ASP? ASP singkatan dari Active Server Page, adalah aplikasi pemrograman web keluaran Microsoft. Dalam halaman WEB terdapat dua macam program yang berjalan, browser (Internet Explorer, Mozila, Opera, dll) yang menerjemahkan kode-kode HTML sehingga mejadi tampilan yang enak dipandang. Untuk sekedar menampilkan halaman yang indah, HTML saja cukup. Namun untuk menangani halaman yang aktif, dinamis, ada interaksi antara pengguna dan mesin, maka diperlukan satu pendukung. Untuk tugas ini ada beberapa pilihan, ASP, PHP, maupun Perl, dan Java.


Untuk menjalankan ASP, kita butuh server, entah itu server internet (hosting) atau server di computer kita, IIS (Internet Informattion Service). Sebelum membuat aplikasi, install dulu server IIS, yang ada dalam CD, add or remove windows component. Cek ASP.

Untuk mengetahui apakah server kita sudah jalan, ini contoh dasar ASP

<% response.write “

ASP Pertama


%>


simpan dengan nama asppertama.asp simpan di directori: “c:\inetpub\wwwroot\ ,” kemudian test di browser. Buka IE atau Mozila ketikkan: http://localhost/asppertama.asp
kalau server bekerja maka akan muncul tulisan yang sudah kita buat:

ASP Pertama

Anda sebaiknya juga mendaftar di hostingan gratis, jadi setelah script berjalan di komputer, di test juga di hostingan, jalan atau tidak. Karena pada awal belajar kendalanya adalah kebingungan, padahal ASP kesalahan sedikit saja bisa terjadi eror. Juga sering script sudah berjalan di computer tapi di hosting eror. Ini beberapa hostingan gratis: www.brinkster.com,
www.domaindlx.com, www.websamba.com.

Saya merekomendasikan brinkster dan domaindlx. Yang paling bagus sebenarnya brinkster, tanpa iklan, tapi kapasitasnya hanya 15 mb, kalau domaindlx seperti yang saya punya, kapasitasnya 100 mb. Lumayan, buat latihan.

Cara kerja ASP
Script-script Asp di eksekusi di server, kemudian dikirimkan ke computer client dan ditampilkan browser. Jadi yang terlihat di browser hanya kode-kode html penyusun halaman. Berbeda dengan script di client, kalau di view akan kelihatan script yang ada. Kelemahannya bisa dimanfaatan orang untuk menghack halaman kita. Atau mematikan fungsi script, yaitu dengan menghapus script.

(bukan isi sebernarnya)
masuk kesini


lihat daftar item